Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Vertigo

olahraga-yang-bagus-untuk-penderita-vertigo

Tak hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga juga baik untuk memulihkan penyakit vertigo. Ada beberapa olahraga yang bagus untuk penderita vertigo dan bisa Anda lakukan sebagai terap penyembuhan.

Langkah utama yang harus dilakukan untuk mengatasi vertigo ialah dengan mencari sumber penyebabnya. Sebab penyebab vertigo bukan merupakan faktor tunggal dan penanganan untuk masing-masing kasus berbeda. Vertigo bisa disebabkan karena radang pada saraf keseimbangan, gejala stroke, tumor otak, faktor genetik, atau penyakit meniere.

Selain dengan pengobatan ada beberapa jenis olahraga yang dapat Anda andalkan untuk membantu penderita vertigo menjadi lebih sehat.

Olahraga Yang Bagus Untuk Penderita Vertigo

Gerakan olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kapasitas fungsional tubuh yang mengalami gangguan terutama pada sistem keseimbangan, tingkat visual dan perasaan.

  • Gerakan Bola Mata

Posisi pertama pastikan kepala Anda tetap dalam kondisi diam. Dalam keadaan diam, gerakanlah bola mata ke arah vertikal (keatas ke bawah) secara perlahan. Jika sudah cukup, bergantian dengan gerakan horizontal. Jika Anda sudah merasa pusing, sebaiknya hentikan sebentar.

Latihan gerakan mata juga dapat dilanjutkan dengan memfokuskan mata pada benda yang bergerak. Mintalah bantuan seseorang untuk menggerakan benda ke kanan dan kekiri, atas dan bawah. Dan mata harus tetap fokus ke benda tersebut.

  • Gerakan Tubuh

Pertama-tama Anda bisa memulai dengan melebarkan kaki Anda terlebih dahulu. Setelah itu arahkanlah kedua tangan keatas, kemudian gerakan badan Anda ke kanan dan ke kiri. Perlahan-lahan hingga kepala Anda berada pada kemiringan tertentu. Jika sudah merasa cukup, gerakanlah tubuh sampai regang seluruh ototnya. Istirahatlah tubuh Anda sesaat jika merasa pusing.

  • Gerakan Kepala Menengok

Gerakan ini dilakukan untuk membantu melatih keseimbangan tubuh secara maksimal. Pertama posisikan kepala Anda menghadap ke depan, kemudian tengoklah kepala Anda ke kanan dan ke kiri bergantian. Setelah Anda ingin menengok ke sisi selanjutnya, lakukanlah secara perlahan-lahan.

  • Gerakan Bagian Hidung Dan Lengan

Gerakan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan dari koordinasi gerak beberapa bagian tubuh. Pertama-tama tunjuklah hidung Anda dengan telunjuk sendiri. Kemudian cobalan menunjuk hidung orang lain menggunakan tangan yang menunjuk hidung Anda. Selanjutnya ambilah tangan orang lain dan angkatlah menunjuk hidung Anda dan hidung orang lain. Jika sudah, cobalah lagi dengan memegang ujung telinga Anda. Coba silangkanlah tangan Anda untuk memegang telinga Anda beberapa kali.

  • Gerakan Bagian Kaki Dan Koordinasi

Mulailah dengan duduk di satu kursi. Saat sudah duduk dengan tegak, angkatlah tubuh Anda untuk berdiri. Pastikan mata Anda tertutup agar tidak muncul rasa pusing Anda saat Anda duduk dan berdiri secara bergantian. Jika sudah terbiasa, maka bukalah mata Anda perlahan-lahan.

Cara lainnya yaitu dengan olahraga koordinasi kaki dan mata dengn berjalan sambil menutup mata. Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan Anda. Selanjutnya Anda pun dapat melakukan olahraga dengan merapatkan posisi tumit sambil berjalan. Oleh sebab itu, upayakanlah untuk tetap berjalan walau kedua kaki anda saling bersentuhan.

  • Gerakan Sambil Duduk

Saat dalam posisi duduk Anda dapat melakukan berbagai gerakan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh Anda. Misalnya saja, sambil duduk di pinggir tempat tidur,  Anda dapat mengubah posisi rebahan sedikit demi sedikit. Selain itu, Anda pun dapat menolehkan kepala ke kanan kiri, atas bawah. Beberapa cara tersebut dapat Anda lakukan dengan kombinasi dari berbagai cara lain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Gerakan Sambil Rebahan

Anda harus memposisikan tubuh Anda telentang di alas rata. Misalnya saja Anda telentang di atas lantai, saat telentang fokuskanlah mata Anda ke atas langit-langit. Sambil tetap fokus, angkatlah tubuh Anda perlahan lahan hingga posisi duduk. Namun, pastikan untuk menundukkan kepala agar tidak pusing. Cara ini dipercaya ampuh dalam memperbaiki masalah keseimbangan Anda. Oleh sebab itu, lakukanlah secara rutin saat bangun tidur atau sebelum tidur.

Beberapa gerakan olahraga yang bagus untuk penderita vertigo diatas dapat Anda lakukan di rumah, namun Anda pun harus tetap berhati-hati. Hal ini berkaitan dengan beratnya resiko jika olahraga hanya semakin memperparah keadaan atau kesehatan seseorang.

Dalam satu hari bisa dilakukan satu sampai dua kali latihan dengan intensitas gerakan perlahan sampai sedang dan ritme 10 hitungan dengan pengulangan 2-3 kali, namun juga harus dengan bimbingan terapis atau konsultasi dokter.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *