Makanan Penyebab Vertigo Kambuh

makanan-penyebab-vertigo-kambuh

Vertigo bisa terjadi pada siapapun, kapanpun dan dimanapun. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari masalah biasa sampai kondisi yang lebih serius. Beberapa makanan juga disinyalir dapat menyebabkan penyakit vertigo kambuh kembali. Lalu apa saja makanan penyebab vertigo kambuh tersebut?

Vertigo merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya mengalami gejala berupa sensasi diri sendiri atau tempat di sekelilingnya terasa berputar dan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Biasanya gejala akan dimulai dengan rasa pusing yang tergolong ringan hingga lama kelamaan akan semakin parah dan bertahan dalam jangka waktu yang tergolong lama.

Pada kondisi yang tergolong parah, serangan vertigo bisa berlangsung selama beberapa hari hingga menyebabkan penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Gejala lain yang berkaitan erat dengan vertigo adalah gangguan keseimbangan. Gangguan keseimbangan tersebut akan menyebabkan penderita vertigo mengalami mual, muntah, sulit berdiri atau berjalan, berkeringat, pusing, dan terkadang disertai dengan nistagmus (gerakan mata yang tidak normal).

Penyebab umum dari vertigo ini adalah gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam. Itulah yang menyebabkan penderita vertigo sering mengalami gangguan keseimbangan ketika penyakitnya kambuh Meskipun vertigo utamanya berkaitan dengan gangguan telinga bagian dalam yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh, hal tersebut juga sangat berkaitan dengan fungsi otak.

Karenanya, untuk menjaga agar vertigo tidak kambuh lagi, adalah penting untuk menghindari terserang sakit kepala dan mengingat jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderitanya.

Makanan Penyebab Vertigo Kambuh

  • Makanan yang mengandung natrium tinggi

Makanan seperti nugget, kentang goreng beku, sosis, bakso, kornet, cemilan gorengan yang dibekukan umumnya mengandung natrium tinggi, garam, penyedap rasa, dan pengawet. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini dan memiliki riwayat penyakit vertigo sebaiknya waspada, karena dapat memicu vertigo kambuh lagi.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Konsumsi dalam jumlah berlebihan seperti kacang tanah, kemiri, kenari, biji labu dan biji wijen, maka akan memancing tyramine yang diduga pemicu migrain dan sakit kepala. Tyramine merupakan jenis asam amino yang mengurangi kadar serotoin dalam otak sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar.

  • Makanan yang digoreng atau jeroan

Makanan yang digoreng atau jeroan mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol berfungsi untuk memperbarui sel yang sudah mati, berperan dalam pembentukan vitamin D, hormon, dan asam empedu. Jika makanan sumber kolesterol masuk kedalam tubuh terlalu banyak maka dapat mengendap dan menempel pada saluran pembuluh darah sehingga membuat peredaran darah kurang lancar. Hal ini yang akan memicu naiknya tekanan darah dan rasa sakit kepala

  • Makanan yang mengandung santan

Makanan yang terbuat dengan campuran santan seperti masakan padang, nasi uduk dan rendang memang memiliki cita rasa yang nikmat memanjakan lidah, namun berdampak buruk bagi kesehatan tubuh salah satunya memicu kambuhnya vertigo.

  • Buah-buahan tertentu

Khusus bagi vertigo terdapat beberapa buah buahan yang dapat memicu kambuhnya vertigo antara lain, durian dan nangka. Buah-buahan tersebut mengandung kadar gula yang tinggi serta kandungan gasnya dapat merusak lambung, yang pada akhirnya membuat vertigo kambuh.

  • Sayuran kaleng

Agar dapat awet dalam jangka waktu tertentu sayuran kaleng biasanya juga diberi garam dan pengawet. Sedangkan garam merupakan sumber terbanyak natrium. Jika Anda mengonsumsi makanan ini berlebihan maka sudah dipastikan tekanan darah Anda dapat naik dan membuat vertigo menjadi kambuh.

  • Makanan yang mengandung kadar gula tinggi

Sereal bergula, donat, cokelat, permen, dan selai merupakan jenis makanan berkadar gula tinggi. Jika kadar gula terlalu tinggi tubuh akan terasa lelah, nafsu makan meningkat drastis, haus, dan sering buang air kecil. Kelelahan akan membuat reaksi metabolisme tubuh Anda melambat, hal ini akan membuat peredaran darah dalam tubuh pun terhambat yang berefek pada terlambatnya penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

Jika kondisi tersebut sudah dialami oleh tubuh maka Anda dapat mudah terserang sakit kepala. Terlebih Anda yang juga menderita migrain, hal ini dapat memicu vertigo kambuh lagi.

Itulah beberapa makanan penyebab vertigo kambuh. Anda juga harus menghindari kebiasaan merokok dan minuman alkohol. Tidak hanya minuman keras saja, beberapa makanan yang diolah menggunakan alkohol pun lebih baik tidak dikonsumsi karena termasuk makanan penyebab vertigo kambuh.

Selain itu hindari mengonsumsi minuman berkafein, alasannya adalah karena kafein dapat memperlambat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, khususnya ke bagian kepala .Sehingga vertigo pun menjadi lebih mudah kambuh. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah konsumsi minuman yang mengandung kafein di sekitar Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *