Kebiasaan Buruk Penyebab Batu Ginjal

Sebagian orang tidak pernah menyadari bahwa mereka sering melakukan kebiasaan buruk penyebab batu ginjal. Secara sepintas kebiasaan ini memang terlihat sepele namun jika terus-terusan dilakukan maka akan berakibat fatal dan membahayakan.

kebiasaan-buruk-penyebab-batu-ginjal

Seperti yang telah diketahui ginjal merupakan salah satu organ penting manusia, sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi untuk menyaring darah, membuang toksin, menetralkan zat asam, menyerap mineral, menghasilkan urine dan hormon. Itulah mengapa ketika kita tidak mampu menjaga ginjal dengan baik maka fungsi ginjal akan berkurang dan bahkan hilang.

Sama halnya dengan penyakit kronis lainnya, batu ginjal kerap menjadi perbincangan orang-orang saat ini. Apalagi di kalangan orang yang memiliki hidup tak sehat. Pola hidup tak sehat didukung oleh pola makan dan minum yang tidak sehat pula. Bukan hanya itu, ternyata kebiasaan sehari-hari yang dilakukan seseorang juga dapat memicu terjadinya masalah kesehatan termasuk batu ginjal.

Kebiasaan Buruk Penyebab Batu Ginjal

1. Kurang minum air putih

Banyak orang malas untuk minum air putih terlalu banyak dan justru memilih untuk mengonsumsi minuman-minuman ringan dan manis. Padahal ketika tubuh tak mendapatkan asupan cairan cukup (8-10 gelas/hari) limbah racun yang ada di dalam tubuh bakal menimbun dan tak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Faktor ini jugalah yang memicu kerusakan ginjal.

2. Sering menunda buang air kecil

Terlalusering menunda atau menahan buang air kecil bisa mengakibatkan fungsi ginjal menjadi terganggu dan menyebabkan penderitanya mengalami ketidakmampuan untuk menahan desakan air kecil dan bahkan bisa meningkatkan tekanan yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal.

3. Kurang berolahraga

Aktivitas fisik yang kurang juga ternyata dapat menjadi peningkat resiko batu ginjal. Jadi untuk memberikan perlindungan pada ginjal sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan secara teratur seperti berjalan kaki, jogging, berenang, bersepeda atau peregangan setiap hari.

Melakukan olahraga secara teratur ini mampu membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan cairan di seluruh sistem dengan meningkatkan metabolisme dan kekuatan.

4. Sering mengonsumsi obat kimia

Obat kimia apapun jika diminum terlalu sering akan dapat membahayakan organ ginjal. Perlu diketahui bahwa obat-obatan kimia dapat memberikan berbagai efek samping yang buruk bagi tubuh, khususnya jika diminum tanpa resep dokter.

5. Mengonsumsi kopi secara berlebihan

Segala sesuatu yang asupannya terlalu berlebhan mampu membahayakan kesehatan tubuh. Kopi yang berlebihan pun tak hanya menjadi faktor peningkat potensi tekanan darah tinggi namun juga memicu penyakit lain yang lebih berbahaya.

Mengonsumsi kopi yang berlebihan akan memberikan tekanan tambahan pada ginjal. Banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi berlebih dalam sehari karena menganggap bahwa kopi mampu menambah tenaga. Padahal sebetulnya, malah akan merusak ginjal bahkan sampai batu ginjal.

6. Kurang vitamin dan mineral

Makan sembarangan telah menjadi kebiasaan banyak orang, tanpa peduli apakah makanan/minuman yang dikonsumsinya kaya akan nutrisi atau tidak. Makanan bersih, enak dan memuaskan tidaklah cukup, karena tubuh perlu vitamin dan mineral dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika organ dalam tubuh kita mengalami defisiensi mineral dan vitamin, maka ginjal juga akan ikut terkena dampak buruknya.

7. Kurang tidur/sering begadang

Ketika Anda kekurangan tidur maka tubuh juga akan kekurangan istirahat yang artinya semua organ dalam keadaan aktif dan bekerja maksimal. Padahal setiap hari orang membutuhkan waktu tidur 6 hingga 8 jam setiap harinya. Selama tidur, tubuh akan melakukan banyak pekerjaan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada beberapa organ termasuk ginjal.

8. Mengonsumsi protein hewani secara berlebihan

Protein hewani yang paling umum dan banyak dikonsumsi adalah daging merah, dimana jika asupan terlalu banyak malah akan membuat beban metabolisme ginjal menjadi meningkat. Ginjal harus bekerja lebih keras lagi ketika asupan protein yang dimasukan ke dalam tubuh lebih banyak.

9. Konsumsi garam berlebih

Kelebihan kadar sodium di dalam tubuh juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Dimana hal ini bisa menyebabkan tekanan pada organ menjadi esktra dan menaikan tekanan darah. Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal.

10. Konsumsi gula berlebih

Tidak hanya menyebabkan diabetes, konsumsi gula yang terlalu sering juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi ilmiah bahwa seseorang yang mengonsumsi 2 atau lebih minuman manis per hari nya bisa menghaslilkan protein pada urine. Urine dengan kandungan protein dikenal sebagai tanda awal dari kondisi ginjal yang mengalami kerusakan.

Kebiasan buruk penyebab batu ginjal diatas adalah yang paling kerap dilakukan dan paling dianggap wajar. Jika Anda masih sering melakukan kebiasaan diatas sebaiknya ingat selalu apa bahaya batu ginjal yang akan terjadi di kemudian hari jika terus-terusan dilakukan. Jika sudah terlanjur terkena bahayanya dan masuk dalam tahap yang kronis maka cara menyembuhkan batu ginjal pun akan semakin sulit.

Cara menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan batu ginjal, dapat dilakukan dari dalam diri sendiri. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. Berhentilah mengkonsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan. Jangan terlalu khawatir dengan kondisi kesehatan Anda selagi belum ada arahan dari dokter. Kemudian, cobalah untuk berhenti merokok dan mulailah berolahraga untuk membantu kinerja ginjal Anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kadar gula dan garam Anda. Terakhir, lakukanlah semua hal positif, termasuk istirahat yang cukup.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *