Buah Pereda Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, apalagi saat menelan makanan atau minuman, biasanya akan diiringi dengan rasa sakit atau panas. Memperhatikan asupan makanan bagi penderitanya sangatlah penting hal ini bertujuan agar rasa sakit yang ada dapat reda, lalu apakah ada makanan atau buah pereda radang tenggorokan yang bisa dikonsumsi agar rasa sakit cepat hilang?

Radang tenggorokan dapat menjadi kronis jika terus dibiarkan, tak hanya itu infeksi yang ada juga akan dapat menular atau menyebar melalui udara saat penderita sedang batuk. Iritasi pada tenggorokan karena infeksi juga akan membuat tenggorokan terasa bengkak dan terus meradang.

Tak tanggung-tanggung penderita juga bahkan mengalami gangguan kesehatan lainnya seperti demam dan sakit kepala. Kunci utama cara menyembuhkan radang tenggorokan ini adalah mengetahui bagaimana agar peradangan yang muncul lebih ringan, sehingga tidak terlalu sakit dan mengurangi sensasi panas yang ada. untuk itulah buah pereda radang tenggorokan yang akan kami jelaskan ini bisa menjadi cara alami mengurangi rasa sakitnya.

Agar penderita tidak tersiksa dengan rasa sakit, terutama anak-anak yang menjadi hilang selera makannya dan terus rewel, ada beberapa buah yang bagus dikonsumsi dan sangat cocok untuk meredakan radang tenggorokan Anda.

Buah Pereda Radang Tenggorokan Yang Baik Dikonsumsi

1. Nanas

buah-pereda-radang-tenggorokan

Buah pereda radang tenggorokan yang pertama adalah nanas. Nanas mampu menyembuhkan radang tengggorokan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan penting lainnya adalah bromelain yang bekerja sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan serta rasa sakit pada tenggorokan.

Caranya, blender satu buah nanas yang sudah dibersihkan dan dicuci, jadikan jus dan minum. Setelah itu penderita harus beristirahat selama 1 sampai 2 jam agar khasiat nanas dapat bekerja. Setelah bangun tidur, penderita akan merasa lebih nyaman dan sakit menjadi berkurang

2. Jeruk Nipis

buah-pereda-radang-tenggorokan

Jeruk nipis mampu mengatasi sakit tenggorokan karena kandungan vitamin C yang tinggi dan baik untuk memulihkan daya tahan tubuh, mengurangi pembengkakan pada kelenjar tenggorokan dan melegakan tenggorokan. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu murni. Madu akan melapisi tenggorokan dan dapat mengurangi inflamasi karena infeksi.

3. Belimbing

buah-pereda-radang-tenggorokan

Untuk mengurangi peradangan dan mengurangi sensasi panas yang muncul di tenggorokan, belimbing sangat baik dikonsumsi sebagai buah pereda radang tenggorokan. Penderita bisa mengonsumsi belimbing langsung atau dibuat jus.

4. Pisang

buah-pereda-radang-tenggorokan

Pisang memiki tekstur yang lembut sehingga sangat cocok diberikan pada radang tenggorokan terutama anak-anak. Teksturnya yang lembut ini membuat buah ini mudah ditelan. Jika si kecil tidak mau makan, ganti nutrisinya dengan beberapa pisang. Pisang kaya akan nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C dan juga kalium yang akan bekerja maksimal untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi jika Anda bosa mengonsumsi buah dengan cara biasa, tidak ada salahnya untuk membuat jus buah yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Selain buah-buahan diatas ada juga makanan lain yang cocok untuk dikonsumsi bagi penderita radang tenggorokan. Diantaranya :

  • Sup ayam. Peneliti telah menemukan bahwa sup ayam mungkin memiliki sifat anti-infalamasi dan membantu membersihkan saluran nafas, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan. Sup ayam juga berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh.
  • Telur. Telur adalah sumber protein yang baik, protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan.
  • Sayuran yang dimasak dengan baik. Wortel, kol, kentang dan sayuran lainnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan asalkan dimasak dengan baik sampai lunak

Itulah informasi lengkap yang dapat kami sajikan. Sebaiknya penderita juga harus diawasi pola makan dan jenis makanan yang harus dihindari agar kondisi tidak semakin parah. Misalnya makanan tang terlalu panas mulai dari es atau gorengan. Makanan yang mengandung terlalu banyak minyak, makanan bersantan, minuman manis, rokok, alkohol dan juga kopi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *