Cara Mengobati Liver

Cara mengobati liver dengan menggunakan bahan alami memang menjadi pilihan pengobatan tepat. Selain aman dan tidak menimbulkan efek samping, bahan alami ini tentunya sangat mudah ditemukan di sekitar kita.
cara-mengobati-liver

Liver atau hati merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting dan terletak berada di bawah diafragma. Fungsi liver atau hati ini salah satunya untuk menetralkan racun dari berbagai sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu fungsi liver atau hati juga berperan sebagai alat ekskresi, membantu kinerja dan fungsi ginjal, menghasilkan amonia, menghasilkan urea, asam urat, dan memanfaatkan nitrogen dari asam amino.

Namun tidak dapat dipungkiri, liver ini dapat terserang virus yang menyebabkan penyakit liver.  Lalu bagaimana jika Liver mengalami permasalahan ? sehingga tidak dapat bekerja mengerjakan fungisnya dengan baik ?

Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab liver atau penyakit hati ini. Beberapa diantaranya di sebabkan oleh kelainan hati (bawaan sejak lahir), infeksi virus maupun bakteri, faktor makanan serta beberapa faktor lainnya yang terkait gangguan metabolisme di dalam tubuh. Kondisi tersebut pada umumnya menyebabkan kondisi liver terganggu, seperti liver bengkak, bernanah, berlemak dan lain sebagainya.

Banyak penderita yang mengalami gangguan dari hati yang mengharuskan mereka untuk terus menjalani pengobatan secara rutin untuk menurunkan atau menghilangkan gejala dari gangguan hati. Namun alhasil banyak orang setelah melakukan pengobatan dan mengkonsumsi obat-obatan medis hanya sembuh dalam beberapa waktu saja yang kemudian akan timbul kembali.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebenarnya banyak cara mengobati liver selain dengan obat medis, salah satunya menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita, diantaranya:

  • Sambiloto

Bahan alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan daun sambiloto. Adapun di dadalam bahan alami ini diketahui terkandung senyawa andrographolid, yang mana merupakan sejenis zat yang dapat merusak inti sel tumor serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dari pada itu, sambiloto juga memiliki manfaat untuk merangsang fagositosis, yaitu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing seperti halnya bakteri dan virus di dalam tubuh, yang mana dapat menjadi pemicu penyakit liver.

Caranya dengan menumbuk segenggam daun sambiloto hingga halus dan kemudian seduh dengan menggunakan setengah cangkir air matang. Saring dan konsumsi airnya secara teratur ada baiknya dalam jangka pendek.

  • Pegagan

Manfaat daun antanan atau pegagan sebagai obat untuk gangguan liver bukan tanpa alasan. Di dalamnya terkandung berbagai senyawa alami yang memiliki peranan penting untuk mengatasi penyakit liver, yang diantaranya seperti kandungan asiaticode, brahmic acid, natrium, magnesium dan juga zat samak. Pegagan juga memiliki peranan penting untuk membantu proses regenerasi sel-sel liver yang rusak sehingga kembali menjadi sehat kembali.

Adapun cara memanfaatkannya adalah dengan merebus daun pegagan menggunakan 2 gelas air bersih, masak hingga mendidih. Setelah dingin, anda dapat mengonsumsinya secara teratur 2x sehari hingga terdapat perubahan yang cukup signifikan dari penyakit liver yang anda derita.

  • Temulawak

Bahan alami yang satu ini juga bisa anda manfaatkan sebagai obat gangguan fungsi liver tradisional. Di dalamnya terkandung senyawa curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai antiinflamasi atau antiradang. Selain itu, curucumin juga bersifat sebagai antihepatotoksin yang mana sangat berguna untuk melindungi hari dari peradangan.

Cara memanfaatkannya pun terbilang cukup sederhana. Cukup dengan merebus 1 rimpang temulawak (yang telah di iris-iris), 10 lembar daun ungu (diremas-remas) dengan menggunakan segelas air. Setelah mendidih angkat dan konsumsi ramuan tersebut secara teratur.

  • Daun sukun

Beberapa penelitian menyebutkan bahwasannya daun sukun memiliki khasiat untuk membantu penyembuhan penyakit ginjal, liver, jantung dan penyakit kulit. Mereka juga menemukan senyawa betasitosero dan flavonoid yang mampu mengatasi penggumpalan darah dalam trombosit yang menghambat peredaran darah dalam jantung.

Adapun cara memanfaatkannya sendiri bisa di lakukan dengan cara merebus 10 lembar daun sukun yang sudah tua